Senin, 27 Desember 2010

berbisnis onlien

BISNIS ONLINE
Bisnis Online atau disebut juga bisnis internet adalah satu bentuk usaha yang medianya memakai akses internet. Sebagai satu bentuk bisnis yang mempergunakan dunia maya, bisnis ini mulai banyak digandrungi oleh banyak pengguna internet. Kenapa? Karena rata-rata pengguna internet akan lebih enjoy ketika berhadapan dengan komputer dan bahkan bisa berlama-lama di depan komputer ketika mereka sedang akses. Di dalam dunia bisnis online dikenal istilah work from home atau bekerja dari rumah. Ini yang mengasyikkan. Hanya dengan memiliki kursi, sebuah meja, dan dihadapannya ada komputer yang dihubungkan dengan server internet, pengguna bisa menghasilkan uang. Bahkan uang itu bisa datang tanpa kita duga. Misalnya datang pada saat kita tidur. Uang bisa datang otomatis ditransfer ke rekening kita. Uang itu bisa berbentuk dollar, euro atau Rupiah.


Beda dengan bisnis off line. Bisnis di luar rumah ya kita harus keluar rumah untuk mencari dan mendapatkannya. Seperti menjadi sales sebuah perusahaan yang menjual suatu produk. Untuk menyampaikan produk dari perusahaan ke konsumen maka kita sebagai sales wajib keluar rumah. Kita harus rela mengeluarkan keringat, rela bercapek-capek di jalan raya, rela berkorban meninggalkan istri dan anak, serta berbagai capek yang lain. Jika tidak bisa menyampaikan barang-barang perusahaan ke konsumen resikonya adalah kita akan dipecat oleh pemilik perusahaan. Bisnis online tidal demikian. Anda bisa menjalankannya hanya dari rumah. Tidak usah capek-capek keluar rumah dan bahkan lagi tidak usah modal besar untuk menjalankannya. Jika anda mau menjalankan bisnis off line, misalnya membuat toko atau warung, anda harus punya modal 5 sampai 10 juta untuk mendirikan bangunan berikut isi dari toko itu.


Bisnis online memang menggiurkan. Banyak harapan kita tertuju ke media yang satu ini. Tapi masih banyak pebisnis online yang mengalami kegagalan dalam berbisnis. Jadi bisnis online yang sukses tidak semudah membalik telapak tangan.




Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda terkait tentang suatu hal, baik argumentasi atau pendapat, solusi, prinsip atau yang lainnya. Begitu pun dengan bisnis online.
Kemarin saya telah posting : Apa manfaat bisnis online? Kalau anda belum membaca silahkan di baca aja…, sekarang saya akan mencoba membagikan beberapa keunggulan dari bisnis online tersebut.
Keunggulan berbisnis onlien :

1. Pengguna internet dan Pelanggan semakin meningkat drastis.
Pada tahun 1994 pemakai mencapai 12 juta, dan pelanggan 1,3 juta. Anda bisa bayangkan sudah berapa banyakah kalau di tinjau sampai sekarang.
Apalagi sekarang sudah zamanya modernisasi, semuanya serba menggunakan jaringan internet yang cepat untuk mencari berbagai informasi.

2. Bisnis online tidak di batasi ruang dan wilayah.
Ini salah satu kemudahan anda kalau menjalankan bisnis online, anda bisa mengerjakan dimana saja anda mau, kapan pun, semuanya terserah anda.

3. Modal yang diperlukan kecil.
Anda hanya membutuhkan modal untuk membeli atau menyewa domain dan hosting saja. Setelah itu anda sudah bisa bekerja secara online. Di banding dengan bisnis offline saya kira modal yang di butuhkan sangat berbada jauh.

4. Bisnis online berlangsung 24 jam non stop.
Waktu yang anda butuhkan dalam bisnis online tidak di batasi. Hal ini akan sangat memudahkan anda dalam mengelolanya.

5. Bisnis online bisa di jalankan secara otomatis.
Ketika anda bepergian, liburan, bahkan anda tidur sekali pun, bisnis ini akan bekerja secara otomatis tanpa mengganggu acara anda.

6. Tidak membutuhkan ruang kantor.
Apabila anda mempunyai laptop, anda bisa mengerjakan dimana pun anda suka. Misalnya warung kopi, cafe, dan lain-lain. Kalaupun yang anda punya hanya komputer anda hanya membutuhkan ruangan yang tidak harus luas.

7. Anda bisa menjadi bos bagi diri sendiri.
Biar bagaimana pun anda adalah yang memulai dan anda pulalah nantinya yang akan memimpin. Andai anda sudah memiliki karyawan semua yang mengendalikan adalah anda sendiri, keputusan penuh ada di tangan anda.

8. Bisnis online tidak di pengaruhi cuaca.
Dalam artian anda tidak akan ada hambatan dalam menghadapi keadaan. Meskipun hujan, jalan macet dan lain sebagainya, anda tetap santai menjalankannya.
Kesulitan berbisnis onlien.

Setiap usaha pasti memiliki kemudahan dan kesulitan, tidak terkecuali dengan usaha online. Ada beberapa kesulitan yang biasa akan kita hadapi untuk seorang pemula, tiga diantaranya akan kita bahas di artikel ini. Dan tiga kesulitan dalam mengikuti bisnis online adalah :

1.Tidak mengerti mengenai blog/website
Kalau masalah yang satu ini cara mengatasinya tidak lain adalah BELAJAR membuat blog, banyak artikel dan buku – buku yang membahas pembuatan blog. Yang biasa disarankan untuk membuat blog bagi pemula adalah dengan menggunakan cms WordPress (WP) karena segi kemudahaan dan content pendukung yang tersedia lebih banyak

2. Tidak mempunyai nama domain blog/website yang memiliki page rank (PR) yang tinggi atau traffic yang banyak. Masalah ini bisa diatasi dengan membeli domain bekas yang sudah matang, artinya domain tersebut telah layak untuk diikuti seta dalam paid review karena memiliki Page rank yang lumayan di atas 2 atau 3 dan memiliki kunjungan yang cukup banyak, 50 – 100 orang

3. Kesulitan dalam melakukan review dalam bahasa English
Apabila kita tidak menguasai bahasa, anda bisa menyewa / menggunakan jasa content writer alias penulis, yang menyediakan jasa review dengan harga terjangkau yang membantu teman – teman yang mengikuti pr dan masih banyak content writer lainnya


Tips sukses berbisnis onlien.
1. Awali dengan hobi.
Jenis usaha yang berasal dari hobi pasti terasa lebih mudah dilakukan. Anda pun tak akan merasa terbebani saat melakukannya. Selain itu, setidaknya Anda sudah memiliki pengetahuan mendasar tentang bisnis itu. Anda pun tak perlu membuang waktu untuk mempelajarinya. Paling-paling Anda hanya perlu mendalami, mengembangkan, atau mengenal tren terbaru dalam kaitannya dengan hobi itu.

2. Perdalam pengetahuan.
Karena Anda akan menjalani usaha online, ada baiknya untuk menambah pengetahuan dalam menjalankan fungsi-fungsi internet. Ketahuilah penyedia-penyedia situs bebas biaya, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk memiliki situs internet.

3. Kunjungi komunitas dunia maya.
Ada banyak sekali komunitas dunia maya yang tersebar, seperti perkumpulan pencinta kain, penghobi makanan, dan lain-lainnya. Carilah yang sekiranya cocok dengan jenis usaha Anda. Setelah itu, lakukan promosi. Tak perlu malu-malu, Anda harus mau untuk memasarkan produk. Semakin banyak yang mengenal usaha Anda, semakin pula kemungkinan mendapatkan pembeli. Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang yang Anda temui di dunia maya tersebut sehingga tercipta kepercayaan. Ada satu hal yang mesti diingat saat berpromosi, ikutilah aturan-aturan yang berlaku dalam komunitas tersebut. Sekali melanggar, Anda bisa kena penalti.

4. Perbarui situs secara berkala.
Sangat penting untuk memperbarui (update) situs. Bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan sampai sebulan sekali. Terlalu lama, maka calon pembeli bisa jadi tak tertarik untuk kembali mengunjungi situs Anda. Pasalnya, pengunjung harus terus mendapatkan tawaran dan informasi terbaru dari toko Anda. Update tak harus dalam bentuk besar-besaran. Hanya dengan menambahkan satu jenis barang baru saja sudah cukup. Setiap perubahan dalam hal detail kontak, harga, pembayaran, dan pengantaran barang mesti diinformasikan dalam situs.

5. Miliki cukup produk dan cicil foto barang.
Tidak apa-apa bila memulai usaha dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak, namun pastikan bahwa jumlahnya cukup, setidaknya untuk 6 kali update. Sebaiknya Anda tidak menampilkan semua produk sekaligus. Disimpan agar Anda bisa terus meng-update. Cicillah foto barang-barang itu sedikit demi sedikit. Di waktu senggang, carilah produk atau kreasi baru.

6. Kreatiflah dengan foto.
Karena calon pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang Anda tawarkan, siasati hal ini dengan menampilkan foto-foto produk. Calon pembeli tidak akan terpuaskan keingintahuannya atau ia malah jadi tidak tertarik karena menganggap barangnya biasa-biasa saja. Fotolah produk dari berbagai sudut dan jarak. Sediakan versi umum dan mendetailnya supaya calon pembeli bisa mengetahui dengan pasti rupa barangnya. Hiasan yang menarik akan menambah nilai jual barang tersebut.

7. Miliki nilai plus.
Anda boleh saja menjual pakaian sama seperti perempuan lain, tapi tentu usaha Anda jadi tak ada istimewanya, kan? Kalau Anda menjual pakaian khusus berukuran besar dengan motif-motif unik yang bisa membuat pemakai terlihat superlangsing dan mengantarnya ke rumah pembeli, baru bisa dikatakan usaha Anda berbeda dari kebanyakan. Temukanlah keunikan dalam setiap jenis usaha yang Anda jalankan. Pelayanan yang memuaskan juga bisa dijadikan nilai plus.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar