Selasa, 01 Maret 2011

SOFT SKIIL

Nama : Asril Muda Harahap
NPM : 21210183
Kelas : 1EB12

Soft skiil

Menurut banyak orang Softskill sering juga disebut keterampilan dan kreativitas sesorang yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain. Secara garis besar keterampilan dan kreativitas dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:
1. 1.process skill
2. social skill
3. generic skill
Contoh lain dari keterampilan-keterampilan yang dimasukkan dalam kategori soft skills adalah integritas, inisiatif, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, dan lainnya. Keterampilan-keterampilan tersebut umumnya berkembang dalam kehidupan bermasyarakat.
Soft skills dapat diartikan sebagai kererampilan seseorang dapalam melakukan kegiatan atau kerja agar meningkatkan mutu dalam melakukan kegiatan atau kerja. softskills ini dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, berkata, bertindak dan bersikap. Akan tetapi sofskill dapat dilihat apabila seseorang itu melakukannya dennga sunguh-sunguh dan dengan bekerja keras agar sofskiilnya dapat terlihat. Namun, sofskiil inii dapat berubah jika seseorang yang berkaitan mau merubahnya dengan cara berlatih membiasakan diri dengan hal-hal yang baru.
Penulis buku-buku serial manajemen diri, Aribowo, membagi soft skills atau people skills menjadi dua bagian, yaitu intrapersonal skills dan interpersonal skills. Intrapersonal skills adalah keterampilan seseorang dalam ”mengatur” diri sendiri. Intrapersonal skills sebaiknya dibenahi terlebih dahulu sebelum seseorang mulai berhubungan dengan orang lain. Adapun Interpersonal skills adalah keterampilan seseorang yang diperlukan dalam berhubungan dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar