Sabtu, 23 Oktober 2010

bisnis

Nama     : Asril Muda Harahap
Npm     : 21210183
Kelas     : 1EB12

LATAR BELAKANG MENGAPA KITA HARUS BERBISNIS
    Situasi bisnis saat ini telah berubah dengan sangat cepat dengan melalui perkembangan teknologi telah membawa banyak kemajuan dalam upaya pengelana produk baru dan pengembanga produk baru.  Persainagan bisnis datang dari berbagai penjuru, baik dari lokal maupun global.  Perusahaan sekarang telah berlomba-lomba untuk menarik konsumen, dan pada akhirnya konsumen banyak mendapatkan pilihan dan keuntungan dari keadaan tersebut.
    Akan tetapi perlu diingat, bahwa perusahaan yang ada saat ini sangat banyak, dengan sendirinya jumlah dan jenis produk yang dihasilkan sangat banyak pula.  Hal ini merupakan tantangan dan masalah bagi perusahaan karena akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat diantaranya adalah situasi bisnis yang saat ini sering kali menjadi masalah bagi perusahaan adalah pemasaran.  Karena masalah pemasaran merupakan masalah yang sangat penting, hal ini disebabkan banyak perusahaan yang bergerak dalam memproduksi barang dan jasa.  Dengan adanya kemajuan teknologi memungkinkan perusahaan untuk memproduksi produk secara besar-besaran dan dengan kualitas yang lebih baik.  Tanpa kegiatan pemasaran, perusahaan akan banyak mengalami kesulitan di dalam kegiatan usahanya.  Karena mungkin saja produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan & keinginan konsumen sehinggan merugikan perusahaan.
    Dalam usaha untuk menarik konsumen untuk membeli barang dan jasa yang telah diproduksi, serta untuk mempertahankan kelangsungan kehidupan perusahaan di dalam meningkatkan volume kegiatan penjualan, perusahaan dituntut memilih saluran distribusi dan strategi pemasaran yang tepat, Karena harus sesuai dengan kondisi dan tujuan perusahaan.  Dalam situasi bisnis sekarang strategi pemasaran dituntut lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang murah, dan kegiatan promosi yang baik, tetapi perusahaan juga haurs memperhatikan hal penyaluran produk agar sampai ketangan konsumen.  Maka dari itu saluran yang kita distribusi merupakan hal penting bagi perusahaan dalam usaha untuk mempelancar arus batang dari produsen ke konsumen.  Saluran distribusi adalah organisasi-organisasi yang saling tergantung yang tercakip dalam proses yang membuat produk atau jasa menjadi tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi.  Dengan melakuakan distribusi yang baik dan lancar maka kosumen akan menyukai apa yang kita distribusikan.

PENDAHULUAN

    Tujuan dari berbisnis jasa adalah untuk mendapakan suatu kepuasan pelangan.  Bagaimana anda mendapatkan kepuasan pelangan dalam pelayanan anda ? dengan cara menetapkan harga perbaikan yang masuk akal atau dengan menyelesaikan pekerjaan perbaikan yang tepat waktu kita dapat memikirkan banyak cara untuk melakuanya.
Elemen – elemen dalam sistem bisnis :
1.Capital ( Modal )
Sejumlah uang yang di gunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis.
2.Material ( Bahan – bahan)
Faktor yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3.SDM (Sumber Daya Manusia)
Memiliki kemampuan yang berkualitas tinggi.
4.Management Skill ( Ketrampilan Management)
Sistem Manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajement.
Jenis Kegiatan bisnis :
-    Produksi
-    Distribusi
-    Konsumsi
Bentuk Dasar Kepemilikan bisnis :
Perusahaan perseorangan: Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
Persekutuan: Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
Perseroan: Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Perencanaan belajar bisnis
Dengan melakukan suatu pelayanan yang berkualitas yaitu :
1.    Menyelesaikan masalah secepatnya
2.    Benar-benar memuaskan pelangan
Dengan cara perencanaan yang harus dilakukan dan mencangkup 5 komponen dalam menyusun sebuah perencanaan bisnis untuk merepresiasikan kemana arah bisnis yang akan kita bangun.  Dalam merencanakan sebuah usaha, pastikan semata-mata usaha yang dilakuakan dengan sebuah perencanaan yang detail.  Untuk melakukan bisnis diperlukan komponen bisnis dengan tujuan perusahaan menengah atau besar.  Tidak berarti perusahaan kecil tidak boleh melakukan perencanaan bisnis, akan tetapi bisnis dalam skala rumahan atau home based bussiness akan lebih mudah dengan 4 pertimbangan seperti ini, yaitu modal, resiko, waktu dan tempat usaha.  Komponen pertama yang harus dibuat dalam melakuan sebuah perencanaa bisnis adalah : 1.  Riwayat singkat usaha akan menjadi sebuah perhatian orang untuk dibaca saat orang lain mengenal perusahaan anda, ada dua alasan dalam penjelasan riwayat usaha ini yaitu : mengapa perusahaan tertarik dengan usaha yang diguluti saat ini atau sedang berjalan.  2 latar belakang perusahaan dalam perencanaan bisnis harus dijabarkan secara rinci, karena ada beberapa hal yang sedikit harus ada dalam sebuah latar belakang perusahaan yaitu : sejarah berdirinya perusahaan, menggungkapkan bagaimana dengan sedikit tentang apa saja dan kapan berdirinya perusahaan dan pihak-pihak yang terlibat di dalam usaha ini.  Dalam hal ini anda harus mengetahui siapa rekanan, tokoh dan pendamping anda dalam bisnis anda, kondisi keuangan pun harus tergambarkan walaupun bukan hasil neraca sebenarnya. Intinya kondisi keuangan perusahaan anda dalam kondisi sehat atau tidak. Rencana pengembangan, perlu dimasukan dengan tujuan untuk menjelaskan arahan pengembangan usaha ini pada akhirnya berujung dimana, apakah perencanaan menjadi sebuah perusahaan multinasional atau hanya perusahaan dengan tingkat pasar lokal saja. 
Nilai utama dari rencana bisnis Anda adalah membuat garis besar tertulis yang mengevaluasi segala aspek kelangsungan hidup ekonomi dari upaya bisnis Anda termasuk uraian dan analisis terhadap prospek bisnis Anda.
Mengingat pelatihan ini dipecah kedalam dua belas aspek terpenting untuk dipertimbangkan dalam memulai bisnis, maka rencana bisnis dapat mengikuti format yang serupa ini. Termasuk dalam sesi ini dan di setiap sesi berikutnya adalah contoh bagan besar rencana bisnis yang mencakup setiap subjek. Ketika Anda menggabungkan seluruhnya bersama, maka Anda akan memiliki model awal untuk keseluruhan rencana.
Rencana bisnis adalah suatu langkah penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana, tanpa memandang ukuran bisnis. Langkah ini terlalu sering diabaikan, namun kami akan mempermudah bagi Anda dengan menyediakan sebuah format untuk membangun rencana sambil Anda mengikuti pelatihan ini.
Rencana bisnis dapat sangat berbeda-beda. Berbagai perpustakaan dan toko buku Anda bisa menemukan buku-buku berisi format rencana bisnis. Namun pelatihan ini adalah tempat yang berguna untuk memulai. Dari sini lalu Anda akan bisa merancang satu rencana bisnis yang ideal bagi perusahaan Anda.
Rencana bisnis Anda akan bermanfaat dalam banyak cara. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk tidak mengabaikan alat yang berguna ini.
•    Pertama-tama, rencana bisnis akan menetapkan dan memusatkan tujuan Anda dengan memanfaatkan keterangan dan analisis yang sesuai.
•    Anda dapat memanfaatkannya sebagai suatu alat penjualan dalam menangani hubungan penting termasuk para pemberi pinjaman, investor, dan bank.
•    Anda dapat memanfaatkan rencana itu untuk menghimpun pendapat dan nasehat dari orang lain, termasuk mereka yang berkecimpung di bidang bisnis Anda, yang akan memberi Anda nasehat berharga dengan gratis. Terlalu sering, pengusaha maju sedikit demi sedikit (“My Way!”) tanpa memanfaatkan masukan dari para ahli yang dapat membantunya menghemat banyak. “My Way” memang lagu yang bagus, namun dalam praktiknya dapat menimbulkan penderitaan yang tidak perlu.
•    Rencana bisnis Anda dapat mengungkapkan segala kelalaian dan/atau kelemahan di dalam proses perencanaan Anda.
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dlam berbisnis
 1.Pengertian
A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnyapenerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salahsatu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan.

B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
C. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo,pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
2.Cara-cara melakuakn bisnis dengan melalui teknologi dan komunikas
1.    Sistem telepon dan email merupakan bagian integral dari komunikasi Anda dengan klien, pelanggan, dan bahkan sesama karyawan. Hari ini, semua orang dalam bisnis memiliki komputer dan email, dampak positif terhadap bisnis adalah bahwa ini adalah suatu bentuk komunikasi lebih cepat. Lagi pula, jika Anda melihat wajah orang-ke-muka Anda hanya bisa berbicara tentang sesuatu selain bisnis dalam email. Di sisi negatif, dampak dari mengganti komunikasi teknologi untuk komunikasi agar  tidak cenderung untuk mengisolasi kita.
2.    Aktifitas internet, tentu saja, sebuah anugerah teknologi yang bagus untuk komunikasi bisnis. Pemasaran usaha khususnya telah terpengaruh oleh kemajuan online.  Bisnis berkomunikasi lebih efektif dengan audiens yang lebih luas, se  Mereka juga memiliki akses ke informasi lebih cepat dari sebelumnya.  Karena kamera ponsel dan kamera video kecil, afiliasi dengar berita up-to-menit rincian peristiwa di seluruh dunia ketika mereka terjhingga meningkatkan peluang mereka untuk meraih pelanggan di luar koran lokal mereka dan untuk membuat merek mereka dikenal khalayak yang lebih besar.
3.    TV dan media lokal juga terkena dampak komunikasi dalam bisnis.adi.  Bisnis juga tahu apa yang kompetitor lakukan dan dapat mengikuti mereka jauh lebih dekat.  Semua perkembangan dan kemajuan dalam teknologi telah memberi dampak komunikasi dalam bisnis dan cara kita melakukan bisnis.
4.    Situs media sosial telah mengubah cara banyak perusahaan memasarkan produk mereka.  Karena ketekunan di situs media sosial memungkinkan bisnis untuk mendapatkan kata keluar dengan cepat untuk pengikut mereka, bisnis iklan cetak perlu lebih sedikit.
5.    Seketika komunikasi, perusahaan dengan mudah berbicara dengan, berkomunikasi secara elektronik dengan, dan bekerja dengan perusahaan, vendor dan pelanggan/klien melalui teknologi.  Ini memiliki dampak komunikasi dan memfasilitasi komunikasi dalam perusahaan untuk sedemikian rupa sehingga perusahaan yang tidak mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi telah ditinggalkan atau akan segera.
 Bisnis semakin menemukan dan menerapkan cara-cara baru untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi mereka.  Peringatan untuk topik ini adalah bahwa bisnis harus yakin untuk menganalisis waktu yang dihemat dengan penerapan teknologi baru dan setiap pelanggan, klien mencapai dalam rangka untuk memastikan bahwa teknologi ini benar-benar bermanfaat bagi bisnis.  Dan juga memiliki beberapa faktor yang menunjang suatu kegiatan berbisnis dengan mengunnakan teknologi yaitu :
1.    Perkembangan jaman
Dalam melakukan bisnis kita sangat membutuhkan alat-alat tekhnologi yang tinggi apalagi di zaman sekarang ini.  Perkembangan zaman yang sudah tumbuh sangat pesat mambuat para pembisnis terpaksa meminta atau menggunakan tekhnologi yang tinggi untuk membantu memasarkan, menjual dan bahkan melakukan transaksi.  Contoh kecilnya adalah internet, melalui internet para pembisnis memasarkan menjual bahkan melakukan transaksinya agar lebih mudah, cepat dan jaringannya pun sangat luas.  Perkembangan zaman membuat para pembisnis menjadi berlomba mencari sumber daya manusia (tenaga kerja) yang ahli di dalam bidang-bidang tekhnologi.  Di zaman modern sekarang ini sangat perlukan manusia-manusia yang ahli di bidang tekhnologi tersebut karena seiring berjalannya waktu dengan berkembangnya zaman dan otomatis semuanya pun berkembang.
2.    Memperoses kegiatan produksi
Dengan perkembangan zaman tekhnologi sangat dibutuhkan untuk  kegiatan bisnis agar mempermudah proses kegiatannya.  Jelas sekali bahwa faktor ini yang sangat membuat kegiatan bisnis sangat membutuhkan tekhnologi yang tinggi.  Karena dengan tekhnologi tersebut semua proses dapat di lakukannya dengan mudah.  Kegiatan-kegiatan di atas ialah seperti memasarkan, menjual bahkan melakukan transaksi.  Dengan tekhnologi tinggi perusahaan atau produsen dapat memasarkan suatu barang atau jasa yang di tawarkan kepada konsumen dengan mudah contohnya membuat iklan di situs-situs internet dan bahkan memasarkannya tak hanya di internet di game pun para produsen memasarkannya di game-game baik yang bersifat online ataupun offline.  Selain untuk memasarkan, dengan tekhnologi yang tinggi produsen pun bisa menjualnya  lewat tekhnologi tadi contohnya melalui handphone mungkin atau internet.  Di zaman sekarang produsen dapat menjual barang atau jasa pada konsumennya via e-mail, sms atau yang lainnya.  Contohnya ialah penjualan mobil di internet yang di dalam situsnya terdapat nomor handphone yang dapat di hubungi, dengan begitu konsumen dapat dengan mudah menghubungi produsennya agar mengantarkan barangnya.  Pertanyaanya adalah, bagaimana kita apat melakukan transaksinya apabila tidak secara langsung berhubungan antara konsumen dengan produsennya? Pasti jawaban tersebut menjadi tanda tanya besar dalam pikiran kita.  Pertanyaan seperti itu dapat di jawab dengan mudah, di zaman sekarang ini kita dapat mentransfer uang dengan menggunakan ATM atau yang lainnya.

3.    Mempercepat kegiatan produksi
Dengan menggunakan tekhnologi tinggi proses kegiatan bisnis bisa sangat cepat, itu jelas sekali kebenarannya karena dengan tekhnologi yang tinggi semua proses menjadi sangat otomatis dan tanpa terlalu cape bekerja di dunia nyata.  Contohnya apabila seorang konsumen membeli sesuatu yang berupa barang atau jasa dari produsen yang jarak antara konsumen dengan produsen tersebut jauh. k membuat penghambatan waktu.
    Faktor-faktor seperti itulah yang membuat pembisnis sangat membutuhkan tekhnologi yang tinggi dalam kegiatan-kegiatan bisnisnya.  Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya tetap; Kita bisa dengan mudah mentransfer uangnya dengan mengunakan ATM.  Contoh untuk produsennya yang mengantarkan barang maupun jasa kepada konsumen yang memesan  zaman sekarang banyak sekali alat transportasi yang juga canggih dan tai faktor-faktor itulah yang penting di ketahui.  Sebelum berbicara dalam-dalam harus kita ketahui juga apa yang di maksud zaman atau era globalisasi ini.
    Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang yang semua kegiatan manusia berkaitan dengan tekhnologi, di zaman ini terjadi banyak perkembangan khususnya di bidang tekhnologi, seperti contohnya di zaman sekarang ini kehidupan manusia dan kegiatannya pasti berhubungan dengan tekhnologi yang tinggi dan tekhnologi itu sebagai alat pembantu yang sangat penting di bidang-bidang manusia itu sendiri.  Dilihat dari kenyataannya saja di zaman sekarang semua kegiatan manusia pasti berhubungan dengan tekhnologi.  Contoh kecilnya saja di zaman sekarang pedagang bakso yang biasanya berjualan berkeliling antara satu daerah ke daerah lainnya mendorong atau memanggul gerobak baksonya, di zaman sekarang sudah jarang kelihatan lagi.  Di zaman sekarang pedagan bakso identik berjualan dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan lainnya.  Itulah contoh kecilnya di mana di zaman sekarang ini semuanya serba canggih dan serba ekonomis.  Oleh sebab itu semakin bertingkat atau majunya suatu zaman maka tingkat kompetisi pun akan semakin mejulang tinggi, artinya manusia-manusia di era globalisasi ini berlomba menggunakan fasilitas yang ada untuk mencapi berbagai macam tujuannya.  Salah satunya ialah kompetisi dalam bidang bisnis. Bisnis merupakan suatu hal yang banyak di minati masyarakat luas karena melihat banyaknya keuntungan dan mudahnya bekerja karena faktor fasilitas yang canggih tadi.  Banyak sekali peminat mendadak terjun dan ikut berpartisipasi dalam suatu kegiatan bisnis.
Kesimpulan
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi)  yang  menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.  Kesimpulan dalam berbisnis adalah bahwa kita harus mengetahui selak beluk tentang berbisnis dan kita pun harus mempunyai suatu perencanaan berbisnis.  Karena dengan mengetahui perencanaan berbisnis maka bisnis kita akan lancar dan sukses.  Yaitu dengan dapat mengetahui apa saja yang akan terjadi di pasar dan apa maksud dari tujuan suatu perusahaan agar perusahaan tidak bangkrut dan gulung tikar.   Dan apabila kita berbisnis  kita juga harus memiliki suatu teknologi yang dapat mendukung suatu kegiatan produksi, agar apabila kita melakuan produksi dapat dilakukan dengan cepat sehigga konsumen tidak menunggu dan kosumen dapat langsung menikmati hasil dari barang yang telah kita produksi.  Selain teknologi kita juga harus memiliki SDM ( sumber daya manusia) yang dapat melakukan kegiatan produksi, pemasaran dan distribusi agar pelanggan/konsumen dapat menikmati hasil kerja perusahaan yang kita jalanin. 



Saran-saran rencana berbinsis
Apa Saja yang Harus Dihindari di dalam Rencana Bisnis Anda
Menetapkan beberapa pembatasan yang layak terhadap beberapa proyeksi jangka panjang pada masa mendatang.  (Jangka panjang berarti lebih dari setahun.) Lebih baik bertahan dengan sejumlah tujuan jangka pendek dan mengubah rencana itu selagi bisnis Anda berjalan.  Terlalu sering, rencana bisnis jangka panjang tidak bermakna apa-apa karena realitas bisnis Anda dapat berbeda dari konsep awal Anda.
Hindari optimisme,  Kenyataannya, untuk mengimbangi optimisme, berlakulah sangat konservatif dalam meramalkan kebutuhan modal, ketepatan waktu, penjualan, dan laba. Hanya sedikit rencana bisnis yang dengan tepat menunjukkan seberapa banyak uang dan waktu yang dibutuhkan.
Janganlah mengabaikan untuk merinci bagaimana strategi Anda ketika Anda tertimpa kemalangan bisnis.
Gunakan bahasa yang sederhana dalam menjelaskan segala persoalan.  Buatlah mudah dibaca dan dimengerti.
Jangan sepenuhnya tergantung pada keunikan bisnis Anda atau bahkan pada penemuan yang telah memperoleh hak paten.  Keberhasilan akan mendatangi mereka yang memulai bisnis dengan ekonomi yang bagus dan tidak selalu dari penemuan yang hebat.  Dan satu hal yang paling penting apabila bisnis kita telah sukses, maka kita harus memberi dari 2,5 persen dari keuntungan bisnis kita kepada anak yatim dan orang-orang miskin agar bisnis kita yang jalain akan lancar, dan mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar